Desa Cigaronggong

Kec. Cibalong
Kab. Garut - Jawa Barat

Info

Artikel

Makam Religi Uyut Ali Jaya: Tempat Bersejarah dan Penuh Makna di Desa Cigaronggong

Administrator

10 Juni 2024

37 Kali dibuka

        Cigaronggong - Di kampung Kiara Koneng, Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat, terdapat sebuah situs bersejarah yang penuh makna, yaitu Makam Religi Uyut Ali Jaya. Pengurus dan penunggu setia makam ini adalah Ab'daloh Nawawi, seorang tokoh lokal yang berusia 51 tahun.

        Makam ini telah berdiri kokoh selama lebih dari 90 tahun dan dianggap sebagai tempat peristirahatan terakhir tokoh penyebar Islam dan tokoh pemerintahan yang dihormati. Menurut cerita dari beberapa warga setempat, makam ini diyakini berasal dari Cirebon, tempat di mana tokoh tersebut mencari perlindungan dari penjajahan Belanda.

        Setiap tahun, banyak peziarah yang datang ke makam ini, terutama pada bulan Mulud dan Rowah. Peziarah berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, serta tidak jarang ada penyiar televisi yang melakukan ziarah ke makam ini, termasuk dari acara "Dunia Lain". Lokasi makam yang bersih dan dikelilingi oleh pepohonan besar memberikan suasana yang tenang dan damai bagi para pengunjung.

        Di sekitar makam, terdapat beberapa makam tokoh terkemuka seperti Uyut Ali Jaya, kakek Nurpai, Ajengan Aceng Miftahudin Nawawi, Bapa Entoh bin Nurpai, dan Bapa Ajengan Undang, yang merupakan tokoh ulama yang dihormati.

        Kegiatan tawasul sering dilakukan di makam ini, di mana para peziarah datang dan didampingi oleh warga setempat maupun sesepuh untuk sampai ke lokasi makam. Meskipun fasilitas di makam masih belum memadai, harapan untuk peningkatan fasilitas, perbaikan, dan pencahayaan agar tidak gelap saat ada peziarah yang ingin memakamkan sesuatu diharapkan dapat terwujud.

        Pembersihan makam dilakukan sekali sebulan dengan partisipasi warga setempat, karena makam ini bersatu dengan masyarakat sekitar. Keberadaan Makam Religi Uyut Ali Jaya menjadi bagian penting dari warisan budaya dan spiritualitas masyarakat Desa Cigaronggong, Garut.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

Supardin

Sekretaris

Andi Setiawan

Kasi Kesejahteraan

Geris Muhammad Sati

Kasi Pemerintahan

Rosyiyana

Kasi Pelayanan

Anggie Pebriana

Kaur Keuangan

Kamaludin

Kaur Perencanaan

Asep Muslih

Kaur Umum Dan Tata Usaha

Ridwab Pauzi

Kepala Dusun 1

Buloh

Kepala Dusun 2

Nuryaman

Kepala Dusun 3

Supia

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Cigaronggong

Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Lokasi Kantor Desa

Latitude:
Longitude:

Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa