Desa Cigaronggong

Kec. Cibalong
Kab. Garut - Jawa Barat

Info

Artikel

Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu di Desa Cigaronggong

Administrator

10 Juni 2024

49 Kali dibuka

        Cigaronggong - Kegiatan peningkatan kapasitas kader Posyandu telah diselenggarakan di aula kantor Desa Cigaronggong, kampung Sangiang, Kecamatan Cibalong. Acara ini dihadiri oleh 35 orang kader Posyandu dan 1 Ketua PKK, serta melibatkan 2 orang tenaga kesehatan (1 Bidan Desa Cigaronggong, 1 Bidan Kecamatan) dan 1 pegawai kecamatan.

        Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan para kader dalam pelayanan kesehatan, dengan fokus pada tema Integrasi Layanan Primer (ILP) dan penanggulangan stunting. Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan kepala desa Cigaronggong dan kepala Puskesmas Kecamatan Cibalong, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bidan Desa, serta diskusi antara pemateri dan peserta.

        Agenda peningkatan kapasitas kader Posyandu dilaksanakan setahun sekali, dengan sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada kader yang ingin bertanya. Selain itu, setiap bulan dilakukan pendampingan untuk kader Posyandu, seperti kegiatan membaca buku bersama setelah pelaksanaan Posyandu.

        Kegiatan Posyandu sendiri dilaksanakan secara rutin setiap bulan, dengan tujuan utama untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat secara terpadu. Salah satu kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya manusia dari kader Posyandu.

        Harapan dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan kader Posyandu sehingga masyarakat dapat mendeteksi dini masalah kesehatan. Dana untuk kegiatan ini berasal dari anggaran desa tahap 1, menunjukkan komitmen pemerintah desa dalam mendukung upaya peningkatan kesehatan masyarakat melalui kader Posyandu.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

Supardin

Sekretaris

Andi Setiawan

Kasi Kesejahteraan

Geris Muhammad Sati

Kasi Pemerintahan

Rosyiyana

Kasi Pelayanan

Anggie Pebriana

Kaur Keuangan

Kamaludin

Kaur Perencanaan

Asep Muslih

Kaur Umum Dan Tata Usaha

Ridwab Pauzi

Kepala Dusun 1

Buloh

Kepala Dusun 2

Nuryaman

Kepala Dusun 3

Supia

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Cigaronggong

Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Lokasi Kantor Desa

Latitude:
Longitude:

Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa