Desa Cigaronggong

Kec. Cibalong
Kab. Garut - Jawa Barat

Info

Artikel

Petani Pisang, Mengembangkan Usaha Pisang di Desa Cigaronggong

Administrator

10 Juni 2024

55 Kali dibuka

        Cigaronggong - Dadang, seorang petani pisang berusia 55 tahun, merupakan pemilik usaha pertanian pisang yang berlokasi di kampung Gunung Gadung, Rt.02 Rw.01, Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat. Usaha bertani pisang yang dijalankan Dadang telah berlangsung selama lebih dari 5 tahun.

        Awal mula ketertarikan Dadang terhadap tani pisang bermula dari kesadaran bahwa usaha pisang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan dan usaha pokok yang menjanjikan. Meskipun dulunya Desa Cigaronggong dikenal dengan banyak petani pisang, namun seiring waktu, banyak petani beralih prospesi menanam pohon karet.

        Jenis pisang yang ditanam oleh Dadang antara lain pisang nangka, muli, Ambon, dan pisang raja. Proses pembersihan pohon kering dilakukan secara rutin untuk memastikan kualitas pisang yang dihasilkan.

        Dari penanaman hingga panen, dibutuhkan waktu sekitar 8-12 bulan, dan panen dilakukan secara bertahap. Luas lahan yang ditanami pisang mencapai 4 hektar dengan sekitar 800 pohon pisang.

        Dalam menjaga kebersihan kebun pisang, pembersihan rumput dilakukan 3 kali dalam setahun untuk mencegah pertumbuhan yang tidak diinginkan. Namun, kendala yang dihadapi Dadang adalah serangan hama pusarium yang membuat pohon dan buah pisang busuk, serta serangan hama babi.

        Pemasaran hasil panen pisang dilakukan dengan menjualnya kepada bandar yang datang langsung ke lokasi kebun. Harga pisang yang ditawarkan disesuaikan dengan harga pasar yang berlaku.

        Dadang juga melakukan pemberian pupuk kimia seperti orea, NPK, dan lainnya secara berkala setiap 3 bulan untuk menjaga kesuburan tanah dan pertumbuhan pisang yang optimal.

        Dengan lokasi kebun yang strategis di pinggir jalan dan adanya saung untuk berteduh, Dadang terus berupaya mengembangkan usaha pertanian pisangnya dengan harapan dapat memberikan hasil yang maksimal dan berkelanjutan

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

Supardin

Sekretaris

Andi Setiawan

Kasi Kesejahteraan

Geris Muhammad Sati

Kasi Pemerintahan

Rosyiyana

Kasi Pelayanan

Anggie Pebriana

Kaur Keuangan

Kamaludin

Kaur Perencanaan

Asep Muslih

Kaur Umum Dan Tata Usaha

Ridwab Pauzi

Kepala Dusun 1

Buloh

Kepala Dusun 2

Nuryaman

Kepala Dusun 3

Supia

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Cigaronggong

Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Lokasi Kantor Desa

Latitude:
Longitude:

Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa