Desa Cigaronggong

Kec. Cibalong
Kab. Garut - Jawa Barat

Info

Artikel

Peternak Kambing Kusnadi: Perjalanan dalam Usaha Ternak Domba

Administrator

10 Juni 2024

45 Kali dibuka

        Cigaronggong - Kusnadi, seorang peternak kambing berusia 56 tahun, merupakan pemilik usaha ternak domba yang berkembang di kampung Cisepan, Rt01 Rw05, Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat. Meskipun masih dalam tahap pemula, usaha ternak domba yang dijalankan Kusnadi telah menunjukkan perkembangan yang positif dalam waktu 9 bulan terakhir.

        Inspirasi untuk memulai usaha ternak kambing bermula dari tawaran seorang teman yang menawarkan peluang usaha yang menjanjikan. Kusnadi memilih untuk beternak kambing jenis Senduro dan PE, dengan total populasi domba mencapai 32 ekor, terdiri dari jantan dan betina, serta danten (domba berusia 5-6 bulan).

        Bibit domba yang digunakan berasal dari Purwokerto dan Tasik, yang dipilih dengan cermat untuk memastikan kualitas dan ketahanan ternak. Proses pemeliharaan domba dilakukan dengan penuh perhatian, termasuk pembersihan kandang yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. Pupuk dari kotoran domba juga dimanfaatkan sebagai pupuk untuk pohon karet di sekitar kandang.

        Pemberian pakan kepada domba dilakukan dua kali sehari, yaitu siang dan sore, dengan menu berupa rumput dan daun-daun segar. Beberapa domba disimpan di kandang, sementara yang lain diangon. Kusnadi dibantu oleh dua orang dalam mencari rumput dan mengurus kebutuhan harian ternak.

        Meskipun belum sampai pada tahap panen, keuntungan dari usaha ternak domba ini terletak pada kemampuan domba untuk menghasilkan anak, yaitu dua kali dalam setahun. Perawatan domba juga melibatkan pemberian vitamin, obat cacing, garam, dan lejotin untuk memastikan kesehatan ternak dan membasmi parasit.

       Kendala yang dihadapi dalam usaha ternak kambing adalah faktor cuaca yang sering membuat domba rentan terkena penyakit pencernaan. Meskipun demikian, Kusnadi terus belajar dan berupaya mengatasi setiap tantangan yang muncul dalam usaha peternakan kambingnya. Dengan semangat dan dedikasinya, Kusnadi menjadi contoh peternak yang gigih dalam mengembangkan usaha ternak domba di Desa Cigaronggong, Garut.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

Supardin

Sekretaris

Andi Setiawan

Kasi Kesejahteraan

Geris Muhammad Sati

Kasi Pemerintahan

Rosyiyana

Kasi Pelayanan

Anggie Pebriana

Kaur Keuangan

Kamaludin

Kaur Perencanaan

Asep Muslih

Kaur Umum Dan Tata Usaha

Ridwab Pauzi

Kepala Dusun 1

Buloh

Kepala Dusun 2

Nuryaman

Kepala Dusun 3

Supia

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Cigaronggong

Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Lokasi Kantor Desa

Latitude:
Longitude:

Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa