Desa Cigaronggong

Kec. Cibalong
Kab. Garut - Jawa Barat

Info

Artikel

Profil Desa Cigaronggong Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Jawa Barat

Administrator

16 Agustus 2024

27 Kali dibuka

Selamat Datang di Desa Perkebunan yang Luas Desa Cigaronggong…

 

 Secara administratif Desa Cigaronggong termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Desa Cigaronggong merupakan desa dengan hamparan hutan dan perkebunan yang membentang luas. Jarak tempuh dari Desa Cigaronggong ke pusat kota kecamatan berjarak 15 KM dan jarak tempuh menuju ibu kota Kabupaten sejauh 100 KM sedangkan jarak tempuh menuju ibu kota provinsi sejauh 168 KM. Desa Cigaronggong merupakan desa hasil pemekaran dari Desa Karyasari Kecamatan Cibalong pada tahun 2003.

 

Desa yang memiliki luas wilayah 2429,0495 Ha ini, berbatasan langsung dengan beberapa desa yang ada di sekitarnya, dimulai dari sebelah utara yang berbatasan dengan Desa Haur Kuning Kecamatan Cisompet, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Mekarsari Kecamatan Kecamatan Cibalong, di sebelah timur yang berbatasan dengan Desa Mekarmukti Kecamatan Cibalong dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Karyasari Kecamatan Cibalong. Desa Cigaronggong memiliki jumlah penduduk 1.752 jiwa, dengan jumlah 615 kepala keluarga yang terbagi menjadi 3 dusun, 6 RW dan 16 RT.

 

               Saat ini Desa Cigaronggong di pimpin oleh Supardin, seorang kepala desa yang terpilih sejak tahun 2023 yang dibantu oleh 7 perangkat desa dan 3 kepala dusun yang membantu dalam menjalankan visi Desa Cigaronggong yaitu “Terwujudnya Masyarakat Desa Cigaronggong Yang Maju, Aman, Cerdas, Sehat Dan Agamis” dengan salah satu misi nya yaitu Menciptakan kondisi masyarakat yang aman, tertib, rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpegang teguh pada prinsip – prinsip pada agama dan adat istiadat yang ada.

 

Salah satu organisasi kemasyarakatan yang sangat berperan dalam pembangunan desa adalah PKK, yang mempunyai peran yang penting dalam membantu mewujudkan program pemerintah di tingat desa, seperti gerakan PKK yang membentuk program usaha ekonomi keluarga. PKK fokus pada peningkatan kesejahteraan keluarga melalui berbagai program dan kegiatan yang mencakup bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan hidup.

 

Warga Desa Cigaronggong memiliki mata Pencaharian yang beragam, yang paling mendominasi yaitu Petani dan Buruh tani. Ada berbagai potensi di Desa Cigaronggong, seperti potensi UMKM keripik tempe dan keripik pisang, potensi peternakan kerbau dan kambing, potensi kerajinan seni ukir, potensi di bidang kesenian marawis dan kasidah, potensi wisata religi makam Uyut Ali jaya, potensi di bidang olahraga voli, dengan potensi unggulannya yaitu perkebunan karet dan perkebunan pisang yang sangat luas.

 

Beberapa Fasilitas yang terdapat di Desa Cigaronggong yaitu seperti Mesjid, Fasilitas kesehatan Puskesmas Pembantu (Pustu), 7 Posyandu, dan fasilitas pendidikan yaitu 1 bangunan PAUD, 1 bangunan Raudhatul Athfal (RA) dan 1 Sekolah Dasar Negeri, di Desa Cigaronggong juga ada fasilitas lapangan olahraga voli yang biasa dipakai oleh masyarakat.

 

Desa Cigaronggong dikelilingi perbukitan dan pohon-pohon yang mengelilingi pemukiman dan sungai Cibera yang mengalir. Di Desa Cigaronggong juga ada beberapa mata air yang digunakan untuk sarana air bersih warga dan irigasi. Sawah dan perkebunan di Desa Cigaronggong membentang sangat luas, dan terdapat beberapa satwa liar yang masih terlihat di sekitar pemukiman, di Desa Cigaronggong juga masih terdapat rumah peninggalan zaman penjajahan Belanda yang masih terpelihara dengan baik.

 

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

Supardin

Sekretaris

Andi Setiawan

Kasi Kesejahteraan

Geris Muhammad Sati

Kasi Pemerintahan

Rosyiyana

Kasi Pelayanan

Anggie Pebriana

Kaur Keuangan

Kamaludin

Kaur Perencanaan

Asep Muslih

Kaur Umum Dan Tata Usaha

Ridwab Pauzi

Kepala Dusun 1

Buloh

Kepala Dusun 2

Nuryaman

Kepala Dusun 3

Supia

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Cigaronggong

Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Lokasi Kantor Desa

Latitude:
Longitude:

Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa